Halaman

Kamis, 04 Juni 2015

SI TUKANG NGASIH PELAJARAN

Pagi hari, ketika terdengar suara lengkingan dengan pitch yang tidak terkontrol dan suara itu memanjang menyerupai gelombang longitudinal berisikan kata-kata sapaan dalam bahasa Sunda seperti..
"Gustiiiiii... Na kunaon meja sayah acak-acakan kieu?"
Atau
"Tinaah....Ieu oleh-oleh ti sayah! Ulah menta deui nya!"
Maka, selamat anda sudah tiba di ruang guru shokat! Pagi hari adalah saat yang tepat bagi kami untuk saling menyapa, saling bersalaman, saling memuji dandanan atau bahkan saling berdebat mengenai suatu hal yang tidak penting. Tapi itulah cara kami (sekali lagi) mengawali hari, menyiapkan diri untuk tampil sempurna di depan siswa-siswi kami.

Sementara itu di pos satpam, mulai terjadi perbincangan seru mengenai batu akik apa yang sedang naik jari (itu merupakan pribahasa khusus bikinanku sendiri yang maknanya sama dengan naik daun). Tentu saja imam besar batu akik adalah supir kepsek nan setia yaitu Bapak Tamrin Solehudin (Nama belakang saya tambahkan untuk tujuan dramatisasi cerita)


Setelah bel berbunyi, hampir dipastikan semua langsung tergopoh-gopoh menuju... dapur! Ada yang membuat teh manis, membuat kopi atau hanya untuk menyelesaikan hasratnya yang belum tuntas. Jam 7.10 WIB adalah waktu yang sempurna untuk masuk kelas. Tapi tentu saja, sebelum anda masuk ke kelas jangan pernah lupa, sekali lagi JANGAN PERNAH LUPA untuk menatap diri anda di cermin yang berada di sudut belakang ruang guru. Karena sebuah cacat kecil seperti bedak yang kurang rata atau lipstik yang keluar garis atau ujung baju yang terlipat selalu menjadi candaan yang menarik bagi semua siswa. Maka bisa dipastikan materi tidak 100% terserap karena sebagian besar perhatian siswa hanya pada dandanan anda.

Setelah penampilan anda memuaskan maka melangkahlah dengan menghentakkan ujung hak sepatu agar anda terlihat berwibawa, ketika masuk kelas ucapkan salam dengan suara bas sambil tersenyum menyebar. Kedipkan sebelah mata pada anak yang paling nakal, agar dia cepat insap dan bertaubbat atas kejahilan yang sudah dan akan dia lakukan. Kalimat pertama setelah salam yang paling bermakna adalah tanyakan PR! meskipun tidak ada PR yang anda berikan sekalipun, itu akan membuat siswa anda menjadi waspada dan siap menerima materi yang akan anda sampaikan. Sebelum anda melakukannya pastikan tidak ada yang memiliki penyakit jantung bawaan di kelas anda. Ini penting.

Setelah anda mengabsen lalu mulailah lakukan apersepsi, tapi jangan pernah sekali lagi JANGAN PERNAH melakukan apersepsi yang terlalu jauh. Contohnya ketika anda akan mengajarkan menulis puisi lalu anda melakukan apersepsi dari awal mula pembentukan bumi dan manusia pertama yang diciptakan. Itu terlalu panjang dan berbelit-belit, Insya Allah setahun pelajaran pun materi menulis puisi itu belum tentu rampung.

Ketika terlalu lelah mengajar dan sedikit stress yang anda butuhkan adalah sedikit hiburan maka duduklah di meja paling belakang. Disitulah tempat bersemayamnya guru-guru yang senang bersenda gurau dan ngopi. Anda tentu tahu ngopi merupakan singkatan dari ngobatin pikiran. Jangan khawatir akan biaya setelah meminum kopi tersebut karena kopi-kopi itu pasti di bayar oleh Pak Sapto Budimaiyono Susisusanto (sekali lagi nama belakang penulis tambahkan untuk tujuan dramatisasi cerita. Namun anda pun harus siap dengan resiko yang dihadapi, di sanalah setiap hari terjadi persilatan kata-kata yang saling silang dan logika anda akan dibuat terbolak-balik. Pendeknya, otak anda akan dibuat berolahraga dan menjadi fresh kembali sehingga anda akan merasa, masalah anak-anak murid tidak ada apa-apanya.

Ketika anda mengajar jam pelajaran terakhir di kelas 8-H, anda harus tanya diri anda sekali lagi apakah anda akan mampu menghadapi bau keringat siswa yang super aktif ditambah kelas yang sedikit sekali pentilasi udara dan cahaya mataharinya? Jika anda merasa anda tidak mampu dengan pertimbangan masih punya anak kecil dan cita-cita di masa depan yang indah maka cobalah untuk mengajak mereka belajar di luar kelas. Dapat dipastikan anak-anak itu akan senang sekali. Dan andapun dapat mengajar sambil bernafas lega.

Ketika suatu hari terdengar desas desus mengenai adanya supervisi dari kepala sekolah dan pengawas, jangan pernah panik. Sekali lagi, ah sudahlah terlalu banyak sekali lagi dari tadi. Pokoknya tidak usah berpikir macam-macam, karena berikut ini ada tips agar anda sukses pada supervisi dari kepala sekolah yaitu: Lakukanlah ulangan mendadak ketika pengawas supervisi datang ke kelas!

Demikian tips2 mengajar yang tidak baik dan jangan pernah dipercaya, karena kemungkinan besar tulisan ini sesat. Hehe.. just for fun.

2 komentar:

Given-Gift from Heaven- mengatakan...

walaupun sedikit bergincu, tp sy mw membaca cerita ini sampai habis

Given-Gift from Heaven- mengatakan...

walaupun sedikit bergincu, tp sy mw membaca cerita ini sampai habis